Perhitungan Usaha Cuci Motor

Diposting pada

TechPreneur | Bingung mau memulai usaha apa? Coba deh rencanakan membuka usaha cuci motor yang tentunya harus dengan perhitungan matang.

Pada saat ini banyak sekali orang yang menginginkan untuk menjadi pekerja kantoran karena lebih terjamin jenjang karir dan gajinya. Namun, sebagian dari mereka memiliki pemikiran yang berbeda dan lebih memilih untuk membuka sebuah usaha agar terbebas dari segala aturan dan tuntutan dalam pekerjaan. Salah satu usaha yang sedang ramai menjadi perbincangan adalah usaha cuci mobil dan motor.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia memiliki cuaca yang tidak menentu antara musim kemarau dan musim penghujan. Sehingga memungkinkan hujan untuk datang setiap saat. Dengan cuaca yang tidak menentu tersebut maka dapat menjadi sebuah peluang bagi jiwa-jiwa muda untuk membuat usaha cuci motor dan mobil.

Tips Membuka Usaha Cuci Motor dan mobil

Berikut ini adalah beberapa tips dan estimasi analisis keuangan dalam membuka usaha cuci motor dan mobil. Kami tampilkan secara lengkap perhitungan usaha cuci motor dan juga mobil terbaru.

Perhitungan usaha cuci motor dan mobil
Ilustrasi kegiatan di tempat cuci motor

Strategi Penetapan Harga

Tips pertama dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah menentukan harga yang kompetitif. Apabila tempat cuci motor anda tergolong masih baru, maka jangan mematok harga yang terlalu mahal. Penetapan harga yang terlalu mahal tersebut akan mengurangi minat pelanggan untuk menggunakan jasa cuci motor dan mobil anda.

Namun, apabila jasa usaha cuci motor dan mobil anda sudah cukup lama berdiri dan memiliki nama baik di mata para pelanggan, anda dapat menaikkan harga tetapi masih dalam batas wajar. Hal tersebut untuk menutupi segala biaya yang diperlukan dalam usaha cuci motor dan mobil setiap bulannya.

Mendesain Tempat Usaha Menjadi Lebih Menarik

Tips kedua dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah mendesain tempat usaha menjadi lebih menarik. Anda dapat mendesain tempat cuci motor anda menjadi lebih bersih, rapi, dan tertata dibandingkan tempat cuci motor dan mobil yang lain.

Penataan tempat usaha menjadi lebih bersih dapat meningkatkan rasa nyaman pelanggan dan secara otomastis akan menarik minat para pelanggan tersebut untuk menggunakan jasa cuci motor dan mobil anda.

Meningkatkan Fasilitas Untuk Pelanggan

Tips ketiga dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah meningkatkan fasilitas untuk para pelanggan. Fasilitas tersebut dapat berupa ruang tunggu yang nyaman dan bersih. Selain ruang tunggu, anda juga dapat memutar musik yang  dapat membantu menghilangkan rasa jenuh pelanggan saat menunggu.

Selain itu, anda juga dapat menyediakan makanan dan minuman untuk para pelanggan secara berbayar, sehingga anda juga dapat mendapatkan keuntungan dari penjualan makanan dan minuman tersebut.

Menerapkan Sistem Voucher

Tips keempat dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah menerapkan sistem voucher. Anda dapat memberikan voucher kepada pelanggan setiap mencuci motor atau mobilnya. Apabila voucher tersebut telah terkumpul dalam jumlah yang ditentukan misalnya 10, anda akan menawarkan cuci motor atau mobil secara grais.

Penerapan sistem voucher tersebut akan menarik minat pelanggan untuk datang secara terus-menerus dan menggunakan jasa cuci motor dan mobil anda.

Meningkatkan Pelayanan

Tips kelima dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah meningkatkan pelayanan yang diberikan. Sebelum memulai usaha, anda dapat melatih para karyawan agar dapat memberikan layanan yang cepat dan prima.

Untuk dapat menarik minat pelanggan, selain dapat membersihkan motor dan mobil pelanggan dengan baik dan cepat, para pekerja juga diharapkan mampu mengedepankan sikap ramah tamah dan sopan santun. Dengan berbagai pelayanan yang diberikan oleh para karyawan anda tersebut, maka dijamin para pelanggan akan berdatangan untuk menggunakan jasa cuci motor dan mobil anda.

Mencari Tempat Usaha Yang Strategis

Tips keenam dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah mencari tempat usaha yang strategis. Tempat atau lokasi adalah suatu hal yang sangat menentukan dalam sukses atau tidaknya sebuah usaha. Maka dari itu, agar usaha cuci motor dan mobil anda sukses, anda harus mencari tempat atau lokasi yang strategis.

Strategis yang dimaksudkan dalam konteks ini adalah tempat yang dapat dijangkau oleh semua orang atau berada di perkotaan. Selain itu, pilihlah tempat yang luas dan mampu untuk menampung banyak motor dan mobil. Hal tersebut akan mengurangi antrian motor dan mobil dari pelanggan.

Selain memilih tempat yang strategis, anda harus melihat kondisi pasar dan pesaing terlebih dahulu. Sebaiknya anda memilih tempat yang ramai dengan kendaraan seperti motor dan mobil, namun dengan sedikit usaha cuci motor dan mobil.

Namun, apabila anda termasuk ke dalam pengusaha dengan jumlah modal menengah ke bawah, disarankan untuk menyewa sebuah tempat dibandingkan dengan membeli atau membangun sebuah bangunan yang akan anda gunakan untuk menjalalankan usaha.

Menggunakan Promosi atau Iklan

Tips ketujuh dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah menggunakan promosi atau iklan untuk memasarkan usaha cuci motor dan mobil anda. Penggunaan promosi atau iklan memang akan menambah biaya yang akan anda keluarkan setiap bulannya. Namun, dengan menggunakan promosi atau iklan, usaha anda akan lebih dikenal oleh calon pelanggan.

Untuk menghindari pembengkakan biaya akibat dari promosi atau iklan, anda dapat menggunakan media brosur atau pamflet karena lebih murah dibandingkan dengan media promosi yang lain.

Memperhitungkan Perolehan Modal

Tips kedelapan dalam membuka usaha cuci motor dan mobil adalah memperhitungkan perolehan modal. Agar usaha anda dapat memperoleh laba secara maksimal, anda dapat memperoleh modal tersebut dari tabungan anda sendiri atau pinjaman tanpa bunga. Maka dari itu, sebelum membuka suatu usaha anda harus menyiapkan tabungan yang memang diperuntukkan untuk membuka sebuah usaha.

Analisis Keuangan Usaha Cuci Motor dan Mobil Setiap Bulan

Berikut ini adalah rincian modal, laba, dan biaya yang diperlukan untuk membuka usaha cuci motor dan mobil. Matangan perhitungan usaha cuci motor dan mobil sebelum kalian mulai.

Tips Membuka Usaha Cuci Motor dan Mobil

Modal awal

Sewa tempat Rp. 2.400.000
Pompa air Rp. 1.500.000
kompresor Rp. 1.000.000
Papan nama Rp.    500.000
Perlengkapan untuk mencuci per bulan Rp.    500.000
  • Sewa sebesar Rp. 2.400.000 digunakan untuk jangka waktu satu tahun, sehingga beban sewa setiap bulannya adalah 200.000 (2.400.000 : 12).
  • Pompa air memiliki masa manfaat selama 4 tahun dengan nilai sisa sebesar 800.000, sehingga beban penyusutan pompa air setiap bulannya adalah 14.500 (1.500.000-800.000/4)/12.
  • Kompresor memiliki masa manfaat selama 4 tahun dengan nilai sisa sebesar 500.000, sehingga beban penyusutan kompresor setiap bulannya adalah 10.500 (1.000.000-500.000/4)/12.

Estimasi laba bersih Usaha Cuci Motor setiap bulan

Pendapatan per bulan

Estimasi pendapatan dari cuci sepedah motor setiap bulan

20 motor X 6.000 X 30 hari

Rp. 3.600.000
Estimasi pendapatan dari cuci mobil setiap bulan

10 mobil X 25.000 X 30 hari

Rp. 7.500.000
Jumlah pendapatan per bulan

 

Rp. 11.100.000

Beban-beban per bulan

Gaji karyawan Rp. 1.500.000
Beban listrik Rp.    150.000
Beban pemakaian air Rp.    300.000
Beban penyusutan peralatan

175.000+125.000=300.000

Rp.      25.000
Beban sewa Rp.    200.000
Beban perlengkapan Rp.    500.000
Beban lain-lain Rp.    100.000
Jumlah biaya (Rp. 2.775.000)

Laba bersih setiap bulan Rp. 8.325.000

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai tips-tips dan estimasi analisis keuangan dalam membuka usaha cuci motor dan mobil. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk membuka dan menjalankan usaha cuci motor dan mobil dengan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *